Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spektrum Absorpsi Dan Spektrum Emisi Atom Hidrogen

    Spektrum (Jamak: spektra) merupakan tampilan (display) dari serangkaian frekuensi atau panjang gelombang yang mewakili energi dari radiasi elektromagnetik pada rentang tertentu. Terdapat dua macam Spektrum, yaitu spektrum absorpsi dan spektrum emisi. Spektrum absorpsi diperoleh apabila radiasi elektromagnetik diserap oleh suatu cuplikan; Spektrum emisi diperoleh apabila radiasi elektromagnetik dipancarkan oleh suatu cuplikan. Spektrum absorpsi dan spektrum emisi atom hidrogen merupakan spektrum garis (line spectrum) seperti ditunjukkan pada gambar. 

        Atom hidrogen memiliki hanya satu elektron. Absorpsi dan emisi radiasi oleh atom hidrogen hanya mungkin terjadi apabila ada perpindahan partikel dari satu tingkat energi ke tingkat energi yang lain. Partikel yang mengalami perpindahan tersebut adalah elektron. Berdasarkan spektrum absorpsi dan spektrum emisi atom hidrogen, Dapat disimpulkan bahwa:

  1. Jumlah tingkat energi elektron pada atom hidrogen adalah tak terhingga.
  2. Tingkat energi atom pada atom hidrogen ada yang memiliki harga yang paling rendah dan ada yang memiliki harga paling tinggi. Tingkat energi dengan harga yang paling rendah disebut dengan tingkat energi keadaan dasar ground state energy level.
  3. Tingkat energi pada atom hidrogen memiliki harga tertentu. Dari sini muncul konsep tingkat energi terkuantisasi. Dengan demikian elektron yang terdapat pada atom hidrogen hanya mungkin berada pada tingkat energi tertentu, Bukannya pada setiap harga tingkat energi. Konsekuensi dari Hal ini, Elektron pada atom hidrogen harus mengelilingi inti atom pada jarak yang tetap sehingga orbit elektron harus berbentuk lingkaran.


Post a Comment for "Spektrum Absorpsi Dan Spektrum Emisi Atom Hidrogen"