Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Dalton tentang Materi

Assalamualaikum….

 Halo gaesss pada kesempatan kali ini gw mau membahas mengenai gagasan salah seorang ilmuan kimia terhadap materi. Oke tulisan gw kali ini gw kutip dari Buku Molekul, Struktur, dan Sifat-sifatnya karya Prof.Effendy, Ph.D. Oke, gagasan siapa sih yang mau gw bahas? Baiklah, tanpa perlu banyak cong-cing, kali ini gw mau bahas gagasan Dalton mengenai Materi.

Sebelum Dalton mengenalkan gagasannya mengenai materi ternyata Democritoslah yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang Atom pertama kali. Gagasan dari Democritos kemudian menjadi dasar Dalton dalam mengembangkan teorinya mengenai materi. Singkat cerita, pada tahun 1808 Dalton mengemukakan teorinya mengenai Materi yang dikemas dalam postulat-postulat.

 Gimana sih bunyi postulat-postulat Dalton mengenai materi itu? Gini nih bunyinya:

  1. Unsur tersusun atas partikel-partikel yang ukurannya sangat kecil yang disebut dengan atom.
  2. Atom dari suatu unsur memiliki Massa Atom tertentu. Atom-atom dari unsur yang berbeda memiliki massa atom yang berbeda pula. Sebagai contoh, massa atom Neon adalah 20,1797 sma (satuan massa atom), sedangkan massa atom argon adalah 39,948 sma (satuan massa atom).
  3. Atom-atom dari unsur yang berbeda memiliki sifat yang berbeda. Sebagai contoh, atom-atom Neon pada fase Gas mengalami kondensasi menjadi fase liquid atau cairan neon pada suhu -246 0C, sedangkan atom-atom dari Argon pada fase gas menjadi fase liquid atau cairan Argon pada suhu -186 0C.
  4. Suatu senyawa merupakan gabungan dari dua atau lebih atom-atom yang berbeda. Sebagai contoh, air (H2O) merupakan gabungan dari atom hidrogen dan atom oksigen.
  5. Didalam suatu senyawa jumlah dan jenis atom selalu memiliki perbandingan yang tetap tidak tergantung pada cara yang digunakan untuk membuat senyawa tersebut. Sebagai contoh, Kristal perak iodide (AgI) selalu terdiri dari atom perak dan atom iodin dengan perbandingan 1:1, tidak tergantung pada cara pembuatannya.
  6. Atom tidak dapat dimusnahkan atau diciptakan. Reaksi kimia hanya melibatkan pengaturan ulang susunan atom-atom, jumlah dan jenis atom adalah tetap.

Nah gaes begitu bunyi gagasan dari postulat-postulat Dalton mengenai materi. Gagasan Dalton mengenai materi ini diterima oleh sebagian ilmuan pada massa dengan kurun waktu hampir 100 Tahun.

Busyeeet lama juga yak.

 Hal ini disebabkan karena Dalton berhasil dalam menjelaskan temuan-temuan ilmiah yang ada. Namun, menjelang akhir abad 18, beberapa postulat dari Dalton tidak berlaku setelah terjadinya serangkaian penemuan luar biasa seperti penemuan sinar-X pada tahun 1895, radioaktivitas pada tahun 1896, dan electron pada tahun 1897. Hasil penemuan tersebut mengungkapkan bahwa atom bukannya suatu obyek yang tidak dapat dibagi lagi sebagaimana dinyatakan pada postulat pertama Dalton. Melainkan bahwa, Atom merupakan suatu Obyek yang kompleks yang tersusun atas partikel-partikel subatomik.

 Nah lohhh.

 Dengan adanya fenomena tersebut, mendorong munculnya gagasan baru mengenai Atom seperti yang diusulkan oleh Thomson, Rutherford, dan Bohr.

Pustaka: 
Effendy. (2017). Molekul, Struktur, dan Sifat-Sifatnya. Indonesian Academic Publishing.


Post a Comment for "Teori Dalton tentang Materi"