Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ilmu Kimia, Pengertian dan Cabangnya

  

Pengertian    

Ilmu kimia merupakan salah satu cabang dari ilmu pengetahuan alam (IPA) yang berkaitan dengan sifat-sifat zat struktur zat perubahan zat hukum-hukum dan prinsip-prinsip yang menggambarkan perubahan zat serta konsep-konsep dan teori-teori yang menjelaskan terjadinya perubahan zat. Objek dasar dari ilmu kimia adalah unsur. Unsur terdiri dari atom-atom. Atom-atom dari unsur-unsur yang berbeda dapat berikatan satu dengan yang lain membentuk suatu senyawa. Senyawa dapat dibagi dalam dua kelompok yaitu senyawa ionik dan senyawa kovalen. Senyawa ionik terdiri dari kation dan anion di mana antara mereka terjadi gaya elektrostatik. Senyawa kovalen disebut juga dengan senyawa molekular. Senyawa molekular terdiri dari atom-atom di mana antara mereka terjadi ikatan kovalen. Pembahasan tentang senyawa difokuskan ke dalam senyawa molekular. Karena senyawa molekular tersusun atas atom-atom maka pembahasan tentang senyawa molekular perlu dimulai dengan pembahasan tentang atom dilanjutkan dengan pembahasan tentang ikatan kovalen antara atom-atom. 

Cabang ilmu kimia

Secara umum, Ada lima cabang ilmu kimia yaitu kimia organik, Kimia Analitik, Kimia anorganik, Biokimia, Dan kimia fisik. Rincian tentang masing-masing bidang dijelaskan di bawah ini:

  1. Kimia organik ~ kimia organik adalah cabang ilmu kimia yang berkaitan dengan studi senyawa berbasis karbon. Kimia organik terutama berlaku untuk studi tentang perilaku, karakteristik, komposisi dan sifat-sifat senyawa organik. Bidang ini juga dikenal sebagai kimia kehidupan. 
  2. Kimia anorganik ~ kimia anorganik adalah sebuah cabang kimia yang berhubungan dengan studi logam gas atau bahan yang tidak mengandung karbon disebut dengan kimia anorganik bidang ini berlawanan dengan kimia organik.
  3. Kimia fisik ~ kimia fisik adalah cabang ilmu kimia yang menggabungkan fisika dan kimia disebut sebagai Kimia Fisika. Cabang ini berkaitan dengan sifat fisik bersama dengan struktur Materi dan Energi. 
  4. Kimia Analitik ~ Kimia Analitik adalah cabang bidang ilmu kimia yang mempelajari tentang sifat-sifat materi bersama dengan komposisi zat dan bahan yang berbeda. Kimia Analitik adalah cabang bidang ilmu kimia yang mempelajari tentang sifat-sifat materi bersama dengan komposisi zat dan bahan yang berbeda. Cabang kimia ini menggunakan metode kuantitatif untuk identifikasi sifat kimia dan  sifat fisik materi.
  5. Biokimia ~ Biokimia adalah cabang ilmu kimia yang berkaitan dengan studi tentang proses kimia yang terjadi dalam organisme hidup.

Pustaka: 
Effendy. (2017). Molekul, Struktur, dan Sifat-Sifatnya. Indonesian Academic Publishing.


Post a Comment for "Ilmu Kimia, Pengertian dan Cabangnya"