Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unsur Kimia

Unsur

Unsur adalah zat kimia yang tidak dapt dibagi lagi menjadi zat yang lebih kecil, atau zat yang tidak dapat diubah menjadi zat kimia lainnya dengan menggunakan metode kimia biasa. Sampai saat ini ada 118 unsur yang telah diketahui. Dari 118 unsur tersebut, sebanyak 90 unsur merupakan unsur alami, dan sisanya adalah unsur-unsur buatan.

Unsur-unsur ditabulasikan dalam tabel periodik. Tabel periodik terdiri dari 7 baris dan 18 kolom. Baris tersebut disebut PERIODE, sedangkan kolom disebut GOLONGAN. Jadi, tabel periodik unsur terdiri dari 7 periode dan 18 golongan. International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC), sebagai badan internasional dalam kimia, pada tahun 1983 merekomendasi penggunaan penomoran golongan dari 1 sampai 18. Namun, para ilmuan kimia Amerika masih banyak yang menggunakan golongan IA sampai VIIIA dan golongan IB sampai VIIB.

Meskipun hanya 90 unsur alami yang terdapat dialam, jumlah senyawa yang terdapat dialam jauh lebih besar dari unsur-unsur tersebut. Sampai saat ini jumlah senyawa yang telah diketahui adalah lebih dari senyawa tersebut mengandung unsur karbon. Jumlah senyawa yang ditemukan dialam dan yang dapat dibuat dilaboratorium oleh ilmuan-ilmuan kimia diseluruh dunia adalah lebih dari 30 ribu setiap tahun.


Pustaka: 
Effendy. (2017). Molekul, Struktur, dan Sifat-Sifatnya. Indonesian Academic Publishing.





Post a Comment for "Unsur Kimia"